Resep Ayam Sederhana, Rica-Rica Pedas

resep ayam sederhana

Daging ayam adalah daging yang sangat mudah diperoleh dari masa ke masa. Tidak tergantung musim, dari segi hargapun relatif stabil tidak terlalu terpengaruh sama fluktuasi kurs dolar yang makin melambung. Banyak sekali aneka kreasi daging ayam mulai dari di goreng biasa, ayam bumbu kecap, ayam krispi, ayam tepung, ayam opor, sate ayam dan satu lagi ayam rica-rica pedas.

Di sini  mimin (panggilan akrab buat admin hehhee) paling penasaran sama resep ayam sederhana dari rica-rica pedas itu sepeeti apa ya? karena mimin sangat ngiler pengen makan ayam yang satu ini. jadi mulailah mimin mencari tahu apa ya bumbu rica rica ayam ini.

Pas mimin coba, ternyata hasilnya enak juga Sob. Jadi tidak sabar mimin pun mulai ambli laptop dan berbagi ke kalian semua. Apa saja ya resepnya, catat baik-baik dan teliti jangan sampai ada yang terlewat.

Kebutuhan bahan untuk membuat 5-6 porsi ayam rica-rica

Bahan utamanya adalah sbb :

  1. 1 ekor ayam, potong 12 bagian
  2. 1 sendok teh air jeruk nipis
  3. 1 sendok teh garam
  4. 6 lembar daun jeruk,
  5. 2 batang serai, memarkan
  6. 1 3/4 sendok teh garam
  7. 1 sendok teh gula pasir
  8. 200 ml air
  9. 2 sendok makan minyak, untuk menumis

Bumbu yang mesti dihaluskan:

  1. 10 buah cabai merah
  2. 4 buah cabai keriting merah
  3. 10 butir bawang merah
  4. 4 siung bawang putih
  5. 1 buah tomat
  6. 2 cm jahe

Cara pembuatan daging ayam rica-rica pedas :

  1. cuci bersih daginga ayam yang sudah di cincang kecil kemudian lumurilah ayamnya tersebut dengan air jeruk nipis dan garam.
  2. Diamkan sebentar selama 10 menit supaya hilang bau amisnya.
  3. Siapkan penggorengan, tumislah seluruh bahan untuk bumbu beserta masukkan juga daun salam, daun jeruk dan serai. Aduklah sesekali dan biarkan sampai matang.
  4. Apabila sudah mendidih, masukkan ayam, campurkan dengan bumbu halus tadi. Aduklah sampai ratanya menyeluruh sambil dibubuhi garam dan gula pasir.
  5. Tunggu sampai matang, sambil sesekali di aduk
  6. Angkat dan tuangkan ke piring atau mangkuk
Baca Juga :  Resep Sayur Sederhana dan Praktis untuk Anda Coba!

Sebenarnya, ayam rica-rica ini rasanya tidak terlalu pedas karena tidak menggunakan cabai rawit sama sekali lho ya. Semuanya itu tergantung selera, kalau mau pedas bisa ditambahkan cabe rawitnya beberapa biji sesuaikan dengan tingkat kepedasan yang diinginkan. Sehingga padanan rasa nya dijamin bakal makin nendang.

Setahu mimin, resep ayam sederhana ini *seperti di sadur dari Wikipedia berasal mulanya dari masyarakat Manado. Sulawesi Utara yang sangat terkenal dengan cita rasa pedasnya. Dalam bahasa Manado, kata “rica” sendiri berarti “cabai” atau “pedas”. Ayam memang paling populer untuk dibuat rica, tapi hampir semua jenis daging, unggas, ikan air tawar, dan seafood bisa diolah menjadi masakan rica-rica yang sangat lezat, gurih dan menggugah selera.

Seiring dengan berkembangnya jaman, ayam rica-rica sudah meluas ke seluruh penjuru Nusantara. Dimana cara memasaknya juga beragam. Ada yang daging ayam nya di goreng dulu ada juga yang di bakar. Rica-rica sendiri memiliki varian olahan. Khusus masyarakat Manadonya gemar mengkonsumsi berbagai macam daging, mulai dari daging yang umum di konsumsi sampai ke daging yang tidak biasanya.

Varian olahan rica-rica Manado, ayam rica-rica, bebek rica-rica, sapi rica-rica, cumi rica-rica, atau cakalang rica-rica.

 

You Might Also Like