Kebaikan Kandungan Ikan Kembung untuk Nutrisi Tubuh Manusia

Ikan Kembung

Mengonsumsi ikan memang sangat baik untuk mencukupi nutrisi dalam tubuh. Ada banyak jenis ikan yang bisa dikonsumsi dari perairan tawar maupun asin. Apalagi, kita berada di Indonesia yang sebagian besar wilayahnya berupa perairan.

Dari banyaknya ikan konsumsi yang ada di Indonesia, salah satu yang cukup populer adalah ikan kembung. Sajian ikan ini sering kita jumpai dalam warung-warung makan pinggir jalan.

Namun, tahukah kamu kalau kandungan yang terdapat dalam ikan kembung tidak kalah baik dari kandungan ikan salmon? Yuk, kita bedah apa saja kebaikan kandungan Ikan kembung.

Ikan Kembung

Kebaikan Kandungan Ikan Kembung untuk Nutrisi Tubuh Manusia

Ikan kembung secara ilmiah masuk ke dalam marga Rasrelliger. Meskipun memiliki tubuh yang kecil, ternyata ikan kembung ini masih berkerabat dengan ikan tenggiri, tongkol, tuna, dan makarel.

Di Indonesia, ikan kembung sangat mudah ditemui di pasar-pasar tradisional. Jika kita berada di Ambon, ikan kembung ini biasa disebut dengan lema atau tatare. Sementara, di Makasar, ikan kembung lebih dikenal dengan nama banyar atau banyara.

Ikan kembung termasuk jenis ikan pelagis kecil yang menjadi komoditas utama para nelayan terutama nelayan kelas menengah. Ikan ini biasa dijajakan sebagai ikan segar.

Namun, terkadang, agar lebih tahan lama, ikan ini biasanya diolah menjadi ikan asin. Karena jumlahnya yang sangat banyak di pasaran, harga ikan ini juga tidak terlalu mahal. Tentunya, masih terjangkau untuk masyarakat menengah ke bawah.

Penelitian yang dilakukan oleh ahli gizi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia, menunjukkan bahwa ikan kembung mengandung 2,6 g Omega-3. Omega-3 merupakan salah satu jenis lemak tak jenuh yang hanya bisa diperoleh dari asupan makanan yang bersumber dari ikan.

Baca Juga :  Resep Ayam Rendang Rasa Istimewa dan Lezat

Kandungan Omega-3 pada ikan kembung ini ternyata lebih tinggi dibandingkan kandungan Omega-3 yang dimiliki oleh ikan salmon. Selain itu, kandungan Omega-9 dan Omega-6 ikan kembung juga dinilai lebih baik dibandingkan ikan salmon.

Berbagai nutrisi yang berada dalam ikan kembung memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, misalnya untuk kesehatan jantung. Yang lebih bermanfaat lagi, Omega-9 dan Omega-6 diyakini mampu menurunkan komplikasi penyakit seperti stroke, aritmia, dan serangan jantung. Selain itu, kandungan ikan kembung dapat membantu mencegah dan mengontrol kadar gula dalam darah pada penderita diabetes.

Selain memiliki kandungan baik untuk pencegahan penyakit dalam, ikan kembung ternyata juga kaya akan vitamin, di antaranya vitamin A dan vitamin D.

Seperti yang kita ketahui, vitamin A sangat bermanfaat untuk kesehatan mata, sedangkan vitamin D dapat membantu meningkatkan adsorbs kalsium yang berguna untuk tulang. Tentunya, oleh karena itu, ikan kembung ini sangat baik untuk menutrisi tubuh agar kesehatan organ dan tulang tetap terjaga.

Secara lengkap, Informasi gizi yang terkandung dalam ikan kembung bisa dilihat dalam tabel berikut ini.

Ukuran Porsi                                        100 gram (g)

Per porsi

Energi                                                        199kJ

167kkal

Lemak                                                        9,36g

Lemak Jenuh                                        2,6g

Lemak tak jenuh ganda                        2,4g

Lemak tak jenuh tunggal                     3,2g

Kolesterol                                                  64mg

Protein                                                       20g

Karbohidrat                                                 0

Serat                                                      0

Gula                                                       0

Sodium                                                      78mg

Kalium                                                       389mg

 

Untuk menikmati segala kebaikan ikan kembung, tentunya kita juga harus memerhatikan cara mengolahnya dengan baik. Sebab, dengan pengolahan yang baik, nutrisi yang terkandung dalam ikan kembung akan terjaga dan dapat diserap dengan baik dalam tubuh.

Ikan Kembung

Mengolah ikan kembung yang baik sebenarnya sangat mudah. Ikan kembung bisa diolah menjadi pepes, digoreng dengan bumbu tauco, dibuat menjadi ikan balado, diolah dengan ditambah kremesan dan dihindangkan dengan pelengkap sambal, maupun dibakar dengan bumbu bali. Apapun sajiannya, asalkan ikan kembung tidak dimasak dengan kematangan berlebih, nutrisinya pun tidak banyak yang hilang.

Tentunya tidak berlebihan bukan jika kita menyebut ikan kembung sebagai ikan dengan harga murah, tetapi memiliki khasiat mewah. Jadi, jangan ragu lagi untuk mengonsumsi ikan kembung.

Baca Juga :  Resep Ayam Goreng Serundeng Rasa Istimewa

You Might Also Like