Resep Sayur Enak: Bumbu Sayur Lodeh

bumbu sayur lodeh

Makanan berkuah atau sayur memang banyak dipilih sebagai salah satu menu harian, karena selain rasanya yang enak juga kaya akan kandungan serat dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Apalagi jika dilihat sendiri sangat banyak diantara masyarakat yang kurang senang mengkonsumsi sayur dan lebih fokus pada daging atau sumber protein hewani lainnya. Padahal tubuh tetap membutuhkan asupan vitamin dan juga fiber secara cukup. Banyak bumbu sayur lodeh yang bisa dibuat di rumah.

Tentunya makanan dari bahan dasar sayur ini tak akan memakan banyak biaya jika dibandingkan dengan bahan-bahan daging atau protein hewani yang lainnya. Namun ibu-ibu juga harus cerdas dalam mengolahnya, mengingat bagaimanapun bahan makanan yang satu ini agak berbeda dibandingkan dengan bahan makanan yang lainnya, mulai dari tekstur sampai dengan kandungan gizi, salah dalam memasaknya bukan hanya membuat rasa tidak enak, melainkan kandungan gizi yang ada di dalamnya nanti juga akan hilang. Sayang bukan jika seandainya yang banyak dikonsumsi atau masuk kedalam tubuh adalah ampas, bukan vitaminnya.

 

       Baca Juga: Sayur Rebung

 

Jenis sayur yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia diantaranya adalah lodeh, ini merupakan menu makanan khas Jawa yang banyak sekali kreasinya, mulai dari sayur lodeh biasa, sayur lodeh dengan ceker dan juga sayur lodeh khas Jawa Timur juga ada, yang membedakan sendiri adalah dari segi rasa dan juga bahan isian di dalamnya. . untuk membuat sayur lodeh yang nikmat dan tetap kaya akan kandungan gizi, maka tidak boleh sembarangan, berikut ini ada beberapa tips yang patut diperhatikan:

bumbu sayur lodeh

  1. Pastikan bahwa resep sayur enak yang digunakan lengkap, makanan berkuah santan ini pada dasarnya memang tergolong sebagai sayur yang agak ribet pembuatannya dibandingkan dengan yang lain, tidak seprakltis sayur sop atau sayur asam, khususnya dari segi bumbu yang dipakai memang cukup banyak ragamnya. Untuk mendapatkan rasa terbaik maka pastikan bahwa bumbu-bumbu yang dipakai juga lengkap.
  2. Sayur dalam keadaan yang masih segar, kondisi sayuran juga menentukan rasa dari masakan, itulah mengapa mempertimbangkan kualitasnya juga tak kalah penting. Sebaiknya hanya menggunakan bahan-bahan yang masih dalam kondisi yang segar, jangan memakai sayuran yang sudah layu, karena kandungan vitaminnya tak jarang juga sudah hilang.
  3. Pakailah santan yang dibuat sendiri bukan santan serbuk atau siap pakai, kuah dari sayur lodeh pada dasarnya memang terbuat dari bahan dasar santan kelapa, inilah yang membuatnya gurih, namun jangan asal menggunakan santan, untuk rasa yang lebih nikmat, maka dianjurkan memakai santan yang dibuat sendiri dari kelapa segar, hal ini nantinya akan menciptakan cita rasa yang benar-benar gurih.
  4. Perhatikan waktu dalam merebus sayuran, lodeh ini termasuk jenis sayuran yang bahan isiannya sangat beragam di dalamnya, ada yang menggunakan kacang panjang, terong, nangka muda, labu siam dan masih banyak lagi di dalamnya, setiap bahan tersebut kenyataannya memiliki tingkat kekerasan atau tekstur yang berbeda-beda, ada yang keras namun juga ada yang lembek, untuk jenis sayuran yang keras maka bisa direbus pertama, sedangkan untuk sayur yang lembek, maka nantinya bisa dimasukkan belakangan. Sehingga rasa tetap nikmat dan kandungan gizinya juga lebih terjaga.
Baca Juga :  Resep Ayam Sederhana, Rica-Rica Pedas

You Might Also Like